Saturday, January 5, 2013

Resolusi 2013

2013 telah tiba. Apa resolusi Anda di tahun Ular Air ini. Jika belum tulisan dari detik dot com berikut ini bisa Anda simak. Biasanya tak sedikit orang mempersiapkan berbagai macam tujuan hidup mereka yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya dengan membuat daftar resolusi. Apakah Anda salah satunya yang sudah membuat resolusi untuk 2013 mendatang? Jika belum, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menulis daftar resolusi. Poin-poin ini perlu dipertimbangkan agar resolusi Anda tak hanya jadi sekadar wacana.
  1. Harus Berhati-hati Albert Einstein pernah mengatakan hati-hatilah sebelum memutuskan apa resolusi Anda. Alangkah lebih baik bila membuat resolusi yang sesuai dengan diri Anda sendiri. Hal ini juga diungkapkan oleh Rene Suhardono, Career Coach. "Buatlah resolusi yang the truth about you," jelasnya dalam acara 'Life Resolutions' dari Sequis Life di Club House Pavilion Apartment, Selasa (11/12/2012). 
  2. Sesuai dengan Passion "Passion merupakan aktivitas yang dilakukan dan Anda merasa berdaya dengan hal itu," jelas Rene. Jadi, ketika hendak menulis resolusi yang ingin dicapai, ketahuilah terlebih dahulu apa passion Anda. Sehingga resolusi yang telah dibuat pun bisa terealisasikan nantinya. 
  3. Tentukan Waktu Menulis daftar resolusi tahun baru, bukan hanya sekadar menulis. Tapi resolusi tersebut juga harus terukur. Jadi Anda juga harus menentukan waktunya kapan resolusi tersebut akan tercapai. Buatlah jangka pendek dan jangka panjangnya agar mempermudah Anda untuk mencapainya. 
  4. Bukan Karena Terpaksa Daftar resolusi yang Anda buat harus berdasarkan keputusan Anda sendiri. Jangan sampai Anda malah menuliskan resolusi karena terpaksa, atau dipaksakan. 
  5. Tulis Caranya Bukan hanya sekadar menulis resolusi saja, tapi Anda juga harus menuliskan bagaimana cara yang akan dilakukan untuk menggapai resolusi tersebut. Misalnya, di akhir 2013 mendatang Anda mau berlibur ke Australia. Agar bisa tercapai caranya yaitu mulai awal tahun Anda harus bisa menabung, dan hidup lebih hemat. 
  6. Yang Diinginkan Merupakan Hal Penting Membuat daftar resolusi bukan hanya karena impian belaka. Tapi Anda juga harus mengetahui bahwa apa yang diinginkan tersebut merupakan hal yang penting. "Develop a list beacause you know it's important to you. Jadi kalau berpikir merasa butuh tapi you don't really feel it, berarti hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang benar-benar Anda butuhkan," ungkap Rene. 
  7. Membuat Anggaran Ada beberapa resolusi yang ingin dicapai dan terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Menurut Ancilla Lily, General Manager of Product Management Department, PT A.J Sequis Life, membuat resolusi dari sisi finansial bisa dimulai dari hal yang sederhana yaitu budgeting. "Buatlah list pendapatan dan pengeluaran pribadi Anda. Bila dilakukan secara disiplin setiap bulannya akan sangat membantu Anda untuk memonitor dan mengontrol pengeluaran Anda yang tidak perlu," jelas Ancilla. (Sumber: detik.com)

No comments:

Post a Comment